Penyakit Crohn

Penyakit Crohn menyebabkan radang dan iritasi di saluran cerna, paling sering di ileum. Nyeri perut yang tidak dapat dijelaskan, diare, pendarahan dubur, penurunan berat badan dan demam adalah gejala penyakit Crohn dan sangat mirip dengan kolitis ulserativa.


Dokter Anda kemungkinan akan melakukan pemeriksaan fisik untuk mengevaluasi kondisi Anda dan menggunakan tes darah dan tinja untuk mencari tanda-tanda pendarahan dan menyingkirkan penyebab mendasar lainnya, seperti infeksi. Anda mungkin juga mengalami sigmoidoskopi fleksibel, kolonoskopi, CT tubuh, MRI tubuh, enterografi MR, GI atas, follow-up usus halus, atau GI yang lebih rendah untuk memastikan diagnosis. Tidak ada obat untuk penyakit Crohn, namun dokter Anda mungkin meresepkan obat-obatan, pembedahan atau diet khusus untuk membantu mengatasi kondisi Anda.

Apa itu penyakit Crohn?

Penyakit Crohn adalah sejenis penyakit radang usus besar (inflammatory bowel disease / IBD) yang menyebabkan radang dan iritasi pada saluran gastrointestinal (GI). Hal ini terjadi paling sering di ujung usus kecil, disebut ileum.

Gejala penyakit Crohn yang paling umum adalah sakit perut, seringkali di daerah perut kanan bawah, dan diare. Gejala lainnya meliputi:

  • Pendarahan rektum
  • Penurunan berat badan
  • Demam
  • Gejala penyakit Crohn berasal dari aktivasi sistem kekebalan tubuh yang tidak tepat. Penyebabnya tidak diketahui, namun ada bukti bahwa genetika memainkan peran penting.

Gejala penyakit Crohn sangat mirip dengan kolitis ulserativa, kecuali bahwa penyakit Crohn dapat terjadi di sepanjang saluran pencernaan, mulai dari mulut sampai anus, sementara kolitis ulserativa terbatas pada usus besar (usus besar). Penyakit Crohn dapat menyebabkan ulkus dalam saluran pencernaan, memberikan penampilan "batu bulat". Peradangan dapat menyebabkan penumpukan jaringan parut dari waktu ke waktu, memperlambat pergerakan makanan melalui usus dan menyebabkan kram parah.

Penyakit Crohn dapat mempengaruhi anak-anak dan orang dewasa. Sekitar 20 persen dari mereka yang didiagnosis memiliki gejala sebelum usia 20 tahun.

Bagaimana penyakit Crohn didiagnosis dan dievaluasi?

Dokter utama Anda akan mulai dengan bertanya tentang riwayat dan gejala medis Anda. Anda juga akan menjalani pemeriksaan fisik.

Tes darah dan tinja dapat digunakan untuk mencari tanda-tanda pendarahan dan menyingkirkan penyebab penyakit GI lainnya, seperti infeksi.

Tes umum lainnya untuk penyakit Crohn meliputi:

Sigmoidoskopi yang fleksibel, dilakukan dengan memasukkan sigmoidoskop (tabung fleksibel dengan kamera kecil di ujungnya) ke dalam rektum untuk melihat kolon dan rektum bawah.

Kolonoskopi - tes yang paling umum digunakan untuk penyakit Crohn - menggunakan instrumen menyala yang disebut kolonoskop untuk melihat rektum dan keseluruhan kolon. Bagian terakhir usus besar, ileum, terkadang juga bisa dilihat.

Body CT scan, jenis khusus pencitraan sinar-x yang membuat gambar rinci panggul, perut atau dada Anda. Anda mungkin menerima suntikan bahan kontras sehingga saluran GI dan organ perut tampak lebih jelas pada gambar. CT enterography adalah CT scan khusus yang lebih mampu memvisualisasikan usus halus. Tes ini telah menggantikan barium enema dan pelepasan usus halus di banyak pusat kesehatan. baca juga : QnC Jelly Gamat

Body MRI adalah mesin besar yang menggunakan medan magnet dan gelombang radio yang kuat untuk membuat gambar detil organ dan jaringan lunak lainnya di perut.
MR enterography adalah jenis khusus MRI yang dilakukan dengan bahan kontras untuk menghasilkan gambar detil usus halus.

Bayi dan anak kecil biasanya membutuhkan sedasi atau anestesi untuk menyelesaikan pemeriksaan MRI tanpa bergerak. Apakah anak membutuhkan sedasi tergantung pada usia anak, perkembangan intelektual dan jenis ujian. Penyesaran sedang dan sadar bisa diberikan di banyak fasilitas. Seorang dokter atau perawat yang mengkhususkan diri dalam sedasi atau anestesi untuk anak-anak harus tersedia selama ujian untuk keselamatan anak Anda. Anda akan diberi instruksi khusus untuk mempersiapkan anak Anda untuk sedasi atau anestesi.

Sebagai alternatif, fasilitas pediatrik tertentu memiliki kehidupan anak yang dapat bekerja dengan anak yang lebih muda untuk menghindari kebutuhan obat penenang atau anestesi. Mereka mempersiapkan anak-anak untuk MRI dengan menunjukkan pemindai dummy, memainkan suara yang mungkin didengar anak selama ujian MRI, menjawab pertanyaan dan menjelaskan prosedur untuk menghilangkan kecemasan mereka. Beberapa fasilitas pediatrik juga menyediakan kacamata atau headset sehingga anak bisa menonton film saat pemindaian sedang dilakukan. Dengan demikian, anak tetap tidak bergerak sehingga memungkinkan gambar berkualitas bagus. baca juga : cara mengobati crohn
Radiografi Saluran Gastrointestinal Atas, yang juga disebut seri GI atas, adalah pemeriksaan rontgen esofagus, perut dan bagian pertama usus kecil (juga dikenal sebagai duodenum). Gambar diproduksi menggunakan bentuk khusus x-ray yang disebut fluoroscopy dan bahan kontras yang tertelan secara oral seperti barium.

Small Bowel Follow-Through, di mana bahan kontras oral seperti barium tertelan dan bagian bawah usus kecil (jejunum dan ileum) dilihat menggunakan radiografi abdomen (sinar-x) dan fluoroskopi.
Radiografi Saluran Gastrointestinal Bawah, juga disebut GI yang lebih rendah atau enema barium, merupakan pemeriksaan rontgen dari usus besar, yang juga dikenal sebagai usus besar. Pemeriksaan ini mengevaluasi kolon kanan atau naik, kolon transversus, kolon kiri atau turun, kolon sigmoid dan rektum. Apendiks dan ujung usus halus kadang juga terlihat.

Bayi dan anak-anak dapat menjalani radiografi GI atas dan bawah. Biasanya, tidak ada persiapan khusus, namun dokter Anda akan memberi petunjuk terperinci jika dibutuhkan. Penggunaan barium dan cara menangkap gambar x-ray serupa dengan yang dijelaskan untuk orang dewasa.

Bagaimana penyakit Crohn?

Meskipun tidak ada obat untuk penyakit Crohn, pengobatan dapat memperbaiki gejala, mengendalikan peradangan dan kekurangan gizi yang benar. Di antara pilihan perawatan yang umum adalah:

  • Obat-obatan: Obat anti-inflamasi dan antibiotik dapat membantu mengendalikan peradangan, menekan sistem kekebalan tubuh dan mengobati pertumbuhan berlebih bakteri di usus halus.
  • Proctocolectomy: Prosedur operasi ini melibatkan pengangkatan rektum dan bagian usus besar atau seluruh kolon. Setelah mengeluarkan usus besar, ahli bedah akan melakukan ileostomi, sebuah prosedur di mana usus kecil bergabung dengan lubang di perut bagian bawah. Kantung itu kemudian menempel pada bukaan dan aus di luar tubuh untuk mengumpulkan kotoran. Terkadang, usus kecil bisa menempel pada anus sehingga kantong tidak dibutuhkan.
  • Operasi reseksi usus: Bagian usus yang sakit akan dikeluarkan dan bagian yang sehat disambung.
  • Suplemen nutrisi: Formula cairan berkalori tinggi atau nutrisi intravena kadang diberikan pada pasien penyakit Crohn untuk memberi usus yang meradang sebagai istirahat dari makanan padat.

baca juga artikel sebelumnya : Apa itu kolitis ulseratif
posted by : lintasduniaherbal.blogspot.co.id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Obat Penguat Kandungan

Kandungan dan Khasiat Jagung Untuk Kesehatan

12 BUKTI MANFAAT SPIRULINA