Apa itu Kolitis Ulseratif?

Apa itu Kolitis Ulseratif? - Ada beberapa masalah yang dapat mempengaruhi saluran pencernaan dan menimbulkan masalah, dan umumnya mereka disebut sebagai penyakit usus yang mudah tersinggung (IBD). IBD yang paling umum adalah penyakit Crohn dan kolitis ulserativa. IBD berbeda dengan IBS - Irritable Bowel Syndrome, yang tidak menyebabkan radang dan kerusakan pada usus. IBS adalah gangguan fungsional dimana sistem pencernaan tidak bekerja dengan baik. Hal ini ditandai dengan pembengkakan usus besar - usus besar dan rektum.


Penyebab sebenarnya dari kolitis ulserativa tidak diketahui bahkan sampai hari ini. Ini adalah bagaimana sistem kekebalan tubuh bereaksi terhadap lingkungan, diet, atau benda asing menular yang menyebabkan radang di dinding usus. Padahal penyakit ini bukan disebabkan oleh tekanan emosional atau kepekaan terhadap makanan tertentu, faktor ini mungkin masih memicu gejala pada beberapa orang. Kolitis ulserativa kemungkinan besar merupakan infeksi usus yang menyebabkan pasien menderita kekambuhan gejala.

Ulcerative colitis (UC) didiagnosis saat kolon dan / atau rektum mengalami bisul dan menjadi meradang. Hasil dari kondisi ini bervariasi, namun mereka yang menderita UC sering mengeluh:

  • diare persisten
  • Meningkatnya urgensi untuk melakukan buang air besar
  • peningkatan frekuensi buang air besar
  • sakit perut
  • darah dan / atau nanah di tinja
  • sangat kelelahan
  • kehilangan nafsu makan dan, kemudian, kehilangan berat badan


Bagaimana kolitis ulseratif berkembang?

Usus biasanya tahan terhadap sebagian besar jenis infeksi, tapi mungkin tidak berdaya melawan yang berasal dari dalam. Peregangan sepanjang jalan dari mulut ke anus, usus dilapisi oleh lapisan pelindung lendir yang membuatnya aman dari bahaya oleh enzim pencernaan dan bahan lainnya.

Dengan kolitis ulserativa, kolon dan rektum kehilangan perlindungan ini. Sebaliknya, lapisan dalam usus besar menjadi meradang, dan akhirnya menyebabkan borok yang menyakitkan. Sebagai usus besar terus menjadi jengkel oleh lebih banyak partikel makanan dan enzim lainnya, peradangan menjadi lebih serius dan bisul lebih luas, yang bahkan dapat menyebabkan pendarahan.

Tidak seperti IBD lainnya, seperti penyakit Crohn yang dapat mempengaruhi bagian saluran pencernaan manapun, UC selalu terlokalisir ke usus besar, tapi juga meluas ke rektum.

Mengapa usus besar menjadi jengkel?

Tidak ada yang tahu mengapa beberapa orang menjadi meradang dan mengembangkan UC sementara yang lain tidak melakukannya, namun para periset memiliki sejumlah teori:

Gangguan autoimun
Kelainan autoimun mengacu pada keadaan dimana pertahanan alami tubuh menghasilkan hasil yang tidak menguntungkan. Di dalam usus besar, sistem kekebalan tubuh bertanggung jawab untuk memproduksi antibodi untuk melawan kemungkinan infeksi potensial yang mungkin berbahaya bagi tubuh. Namun, tubuh terkadang salah, keliru mengidentifikasi partikel makanan dan bakteri usus sehat yang berbahaya. Sebagai tanggapan, tubuh mengirimkan sel darah putih ke lapisan usus besar untuk melawan zat ini.

Sel darah putih bisa menyebabkan radang, yang konon bersifat sementara untuk menetralisir bahaya. Jika tubuh Anda secara keliru mengidentifikasi makanan dan bakteri sehat sebagai berbahaya, maka terus mengirimkan lebih banyak sel darah putih, menyebabkan peningkatan peradangan yang akhirnya berkembang menjadi bisul.

Genetika
Berbagai sifat diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya, dan begitu pula kemungkinan berkembangnya UC. Peningkatan kepekaan terhadap partikel asing di usus dapat diwariskan oleh anak-anak dari orang tua mereka, meningkatkan kemungkinan mereka untuk mengembangkan kolitis ulserativa. Inilah sebabnya mengapa hampir 20% kasus kolitis ulserativa ditemukan pada mereka yang orangtuanya menderita kondisi yang sama.

Faktor lingkungan
Apa pun yang Anda makan harus melalui usus besar dan rektum, dan beberapa tubuh orang mungkin bereaksi negatif terhadap makanan tertentu. Makanan yang tepat yang bisa menyebabkan kolitis ulserativa akan bervariasi dari satu orang ke orang lainnya.

Namun, para ahli berpendapat bahwa diet saja tidak cukup menyebabkan radang usus besar ulserativa, namun bisa memicu kambuh pada mereka yang sudah berisiko.

Hidup dengan kolitis ulserativa
Membuat perubahan diet yang mencakup serat mengurangi kemungkinan terkena penyakit pada sistem pencernaan. Diet harus melibatkan jumlah protein, karbohidrat, dan serat sehat yang cukup. Mengurangi makanan pedas dan berminyak juga akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Membuat kebiasaan makan termasuk 2-3 porsi buah dan sayuran dalam makanan sehari-hari Anda juga bermanfaat. Stres juga memainkan faktor utama dalam kehidupan pasien UC. Kurang stres berarti kekambuhan IBD yang lebih rendah. Karena ini adalah penyakit kronis, obat akan dibutuhkan. Anda juga harus memantau apa yang Anda makan dan saat gejala meningkat. Ini akan membantu dokter meresepkan obat yang sesuai.

Apa saja gejala kolitis ulserativa?

Gejala yang paling umum dari kolitis ulserativa adalah diare berdarah dan sakit perut. Pasien mungkin juga mengalami peningkatan suhu tubuh, pendarahan rektum, kelelahan, anemia, kehilangan nafsu makan, dan penurunan berat badan. Karena tubuh kehilangan cairan secara teratur dan nutrisi hilang akibat diare, kekurangan nutrisi bisa terjadi. Gejala ini terjadi saat serangan intermiten di antara periode ketika gejalanya hilang. Masa bebas penyakit ini bisa berlangsung selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun. Biasanya, serangan dimulai dengan meningkatnya urgensi untuk buang air besar, kram perut bagian bawah yang ringan, dan darah dan lendir di tinja.

Kolitis ulserativa dapat menyebabkan masalah jangka panjang seperti radang sendi, radang mata, penyakit hati (fatty liver, hepatitis, dan sirosis), osteoporosis, ruam kulit, anemia, dan juga batu ginjal. Komplikasi ini bisa terjadi bila sistem kekebalan tubuh memicu peradangan di bagian tubuh yang lain. Masalah ini bisa hilang saat kolitis ditangani secara efektif. baca juga : cara mengobati radang usus

Bagaimana kolitis ulserativa didiagnosis?

Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik menyeluruh dan tes darah untuk mendiagnosis kolitis ulserativa. Anemia, jika terdeteksi, bisa mengindikasikan perdarahan di usus atau di rektum. Jika tes darah menunjukkan jumlah darah putih tinggi, maka akan menunjukkan adanya radang atau infeksi. Sampel tinja juga akan diuji untuk memeriksa apakah ada infeksi bakteri atau parasit tertentu, atau jika ada perdarahan internal di usus.

Tes kolonoskopi yang dilakukan sebagai prosedur rawat jalan juga akan membantu dokter mendiagnosa tingkat kerusakan usus. Dokter akan memasukkan endoskopi - tabung fleksibel panjang yang dilengkapi dengan instrumen kamera dan biopsi - ke dalam anus dan melihat bagian dalam kolon dan rektum. Peradangan, perdarahan, dan bisul bisa dideteksi. Dokter juga bisa mengambil sampel jaringan dari usus besar dan memeriksanya di bawah mikroskop. Pasien akan diminta untuk minum larutan barium, yang akan terlihat putih pada sinar-X, yang memungkinkan dokter untuk melihat bisul atau kelainan lainnya.

Apa pengobatan untuk UC?

Pengobatan tergantung pada tingkat keparahan penyakit setelah melakukan beberapa tes. Kebanyakan orang membutuhkan obat ringan sampai kuat. Beberapa orang, yang gejalanya dipicu oleh makanan tertentu, mampu mengendalikan gejala dengan menghindari makanan yang mengganggu sistem pencernaan mereka. Produk susu, makanan pedas, makanan yang sangat banyak, asupan protein dalam jumlah besar harus dihindari. Pengobatan akan disarankan secara berbeda untuk pasien yang berbeda. Seorang anggota keluarga yang memberikan dukungan emosional juga disarankan. Pasien dengan kolitis ulserativa akan membutuhkan perawatan medis untuk jangka waktu yang lama, dengan kunjungan rutin ke dokter untuk memantau kondisinya.

baca juga artikel sebelumnya : Cara Baru Dokter Melihat Anda
posted by : https://lintasduniaherbal.blogspot.com/

Apa itu Kolitis Ulseratif?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Obat Penguat Kandungan

Kandungan dan Khasiat Jagung Untuk Kesehatan

12 BUKTI MANFAAT SPIRULINA